Waktu berkunjung ke rumah salah satu sahabatku, aku sempat terkejut heran. Anaknya yang baru berumur setahun itu begitu atentifnya, setiap iklan di televisi berputar. Di luar tayangan selain iklan, si anak menjadi cuek lagi dan tenggelam dalam keasyikannya sendiri....
Pada dasarnya, iklan di televisi merupakan perpaduan teks, warna, disain dan bunyi yang tervisualisasi menjadi begitu indah dan catchy. Dus, kenapa anak kecil ini begitu perhatiannya terhadap iklan....
Dalam teori Classical Condition yang dikembangkan pertama kali oleh Ivan Pavlov, perilaku bawah sadar kita yang tidak bisa dikendalikan ternyata dapat dipengaruhi oleh sebuah kondisi yang diterapkan berulang-ulang kali....
Dalam konteks iklan di televisi, iklan itu menjadi sebuah kondisi yang ditayangkan berulang-ulang kali untuk mempengaruhi pola belanja konsumen, dalam hal ini para penonton setia 'kotak ajaib', termasuk ibu-ibu dan anak-anak....
Maka tak heran, semakin indah sebuah iklan, semakin dia terngiang di dalam benak bawah sadar semua orang...
Catatan: kondisi ini juga tidak terpaku pada ranah iklan yang sempit, melainkan semua tampilan audiovisual seperti film
Tidak ada komentar:
Posting Komentar